Welcome to My Blog

Welcome to my Blog

Jumat, 25 Juli 2014

Editing

Saya mempunyai hobi editing video, hobi ini bermula dari semenjang saya masuk SMK jurusan broadcasting, jurusan broadcasting merupakan jurusan yang mempelajari tentang dunia pertelevisian dan bagaimana cara pembuatannya, saya suka sekali menonton , dari gemar menonton saya jadi ingin tahu bagaimana proses editing film yang beragam. Sewaktu saya SMK dahulu saya mendapat divisi editor yang langsung dipilih oleh guru jurusan saya, dari pelajaran kejuruan yang saya pelajari sewaktu sekolah saya paling tertarik pada pelajaran editing ini.
                Hampir semua tugas kelompok yang diberikan guru saya, saya menjadi editor dari situlah saya memahami tentang dunia editing, mengedit film atau video tidak hanya mengandalkan penglihatan dan jari jemari kita, melainkan harus mengandalkan rasa, agar hasilnya bisa membuat terhanyut penonton dan memposisikan penonton berada dalam cerita atau film yang ditontonnya. Komposisi editing, sound effect, effect,  dan lagu yang dipilih harus sesuai dengan tema film yang kita edit. Tugas editor dalam dunia pertelevisian itu sangat penting karena editor yang membuang dan memotong hal yang tidak bagus pada saat hasil shooting. Editor juga yang menentukan penyampaian cerita agar membuat penonton lebih terhanyut lagi.

                Pada waktu itu saya mengikuti beberapa festival flm yang diantaranya saya mendapatkan the best editor untuk ssalah satu film karya kelompok saya yang berjudul “Bahari Biru”. Walaupun saya sudah beralih jurusan atau bukan di jurusan broadcasting lagi saya masih memanfaaatkan keahlian saya dalam hal editing untuk mengedit film dan untuk mengerjakan tugas kuliah. Saya bersyukur pernah mempunyai pengelaman sebagai editor di beberapa film pada sewaktu sekolah. Dan saya akan terus belajar untuk lebih bagus lagi mengedit video, siapa tahu hobi saya ini akan menjadi sampingan di masa depan nanti. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar